Senin, 08 September 2014

Kegiatan Belajar

Kegiatan belajar saya dalam seminggu ini :
1.      Membaca dan mengamati tugas tugas yang telah dosen berikan
2.      Membuat blog dari blogspot
3.      Diskusi kelompok dan membahas tugas yang telah disampaikan dosen
4.      Membaca materi pembelajaran ict dari power point yang telah di copykan oleh dosen
5.      Mulai merangkum apa yang didapat dari membaca materi tersebut
6.      Mengobservasi sekolah yang telah di tentukan sebelumnya
7.      Mengupload tugas di blog
Ringkasan materi pertemuan pertama
A.  Konsepsi media pembelajaran
Media pembelajaran  adalah segala bentuk yang dapat digunakan untuk merangsang fikiran, perasaan, ataupun perhatian sehingga menimbulkan motivasi untuk belajar.
Alasan menggunakan media dalam pembelajaran adalah karena jika hanya menggunakan salah satu verbal saja  atau visual saja pemahaman penerima tidak begitu baik. Sedangkan jika menggunakan verbal dan visual maka pemahaman terhadap materi atau penyampaian akan lebih baik lagi.
Kontribusi  media dalam pembelajaran :
1.      Penyampaian materi pembelajaran dapat lebih terstandar
2.      Pembelajaran akan lebih menarik
3.      Pembelajaran akan lebih interaktif dengan siswa
4.      Waktu pembelajaran bias di percepat
5.      Meningkatkan kualitas pembelajaran
6.      Proses pembelajaran dapat di mana saja setelah menggunakan media tersebut
7.      Menimbulkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran
8.      Peran guru kearah yang psitif
Peran media dalam pembelajaran :
1.      Menjadikan barang abstrak menjadi kongkrit
2.       Mendekatkan obyek yang sukar dibawa atau ditaruh di dalam kelas
3.      Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
Tipe gaya belajar :
1.      Auditorial
2.      Visual
3.      Kinestetik

B.  Pemanfaatan media dalam pembelajaran
Pengertian media adalah perantara  pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Kesalahan komunikasi dalam pembelajaran bisa disebabkan karena guru sebagai komunikator kurang mampu dalam menyampaikan pesan, adanya perbedaan daya tangkap masing-masing siswa, dan jumlah siswa yang terlalu banyak. Sehingga dalam pembelajaran perlu menggunakan media pembelajaran.
Fungsi media pembelajaran :
1.      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalis
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga
3.      Menimbulkan semangat belajar
4.      Siswa lebih mandiri untuk belajar
Jenis-jenis media pembelajaran :
1.      Alat peraga, misal : bangun datar, luas, volume
2.      Media disply, misal : grafik, poster, dan charta
3.      OHT, contoh : single transperency dan overlay transparency
4.      Computer
Media grafis adalah media yang ditulis dan digambar. Ada empat prinsip media grafis, yaitu simplicity(sederhana), unity(kesatuan), emphasis(penekana), dan balance(keseimbangan).

Hasil diskusi kelompok
I. Kedudukan Media Sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Fungsi media pembelajaran :
a.         Menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu
b.        Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
c.         Kesempatan belajar yang lebi merata
d.        Pengajaran lebih berdasarkan ilmu
Manfaat media pembelajaran :
1.        Penyampaiannya akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.        Materinya akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa.
3.        Penyampainnya akan lebih bersifat langsung, mengajak siswa secara langsung untuk mengalami dan berinteraksi dengan sumber relajar
4.        Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan guru.

II. Ciri media dalam pembelajaran :
1)          Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek. suatu peristiwa atau obyek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video tape, disket komputer dan film. Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera dapat dengan mudah diproduksi kapan saja diperlukan.
2)        Ciri Manipulatif
Ciri manipulatif yaitu dimana suatu kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time lapse recording.
3)        Ciri Distributif

Ciri distributif yaitu suatu ciri dimana dimungkinkannya suatu objek ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif lama mengenai kejadian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar