Kegiatan
belajar saya dalam seminggu ini :
1.
Membaca
dan mengamati tugas tugas yang telah dosen berikan
2.
Membuat
blog dari blogspot
3.
Diskusi
kelompok dan membahas tugas yang telah disampaikan dosen
4.
Membaca
materi pembelajaran ict dari power point yang telah di copykan oleh dosen
5.
Mulai
merangkum apa yang didapat dari membaca materi tersebut
6.
Mengobservasi
sekolah yang telah di tentukan sebelumnya
7.
Mengupload
tugas di blog
Ringkasan
materi pertemuan pertama
A. Konsepsi media pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala bentuk yang dapat digunakan untuk
merangsang fikiran, perasaan, ataupun perhatian sehingga menimbulkan motivasi
untuk belajar.
Alasan menggunakan media
dalam pembelajaran adalah karena jika hanya menggunakan salah satu verbal
saja atau visual saja pemahaman penerima
tidak begitu baik. Sedangkan jika menggunakan verbal dan visual maka pemahaman
terhadap materi atau penyampaian akan lebih baik lagi.
Kontribusi
media dalam pembelajaran :
1.
Penyampaian
materi pembelajaran dapat lebih terstandar
2.
Pembelajaran
akan lebih menarik
3.
Pembelajaran
akan lebih interaktif dengan siswa
4.
Waktu
pembelajaran bias di percepat
5.
Meningkatkan
kualitas pembelajaran
6.
Proses
pembelajaran dapat di mana saja setelah menggunakan media tersebut
7.
Menimbulkan
sikap positif siswa terhadap pembelajaran
8.
Peran
guru kearah yang psitif
Peran media dalam pembelajaran :
1.
Menjadikan
barang abstrak menjadi kongkrit
2.
Mendekatkan obyek yang sukar dibawa atau
ditaruh di dalam kelas
3.
Menyajikan
informasi yang memerlukan gerak
Tipe gaya belajar :
1.
Auditorial
2.
Visual
3.
Kinestetik
B. Pemanfaatan media dalam pembelajaran
Pengertian media adalah
perantara pesan dari pengirim ke
penerima pesan.
Kesalahan komunikasi dalam
pembelajaran bisa disebabkan karena guru sebagai komunikator kurang mampu dalam
menyampaikan pesan, adanya perbedaan daya tangkap masing-masing siswa, dan
jumlah siswa yang terlalu banyak. Sehingga dalam pembelajaran perlu menggunakan
media pembelajaran.
Fungsi media pembelajaran :
1.
Memperjelas
pesan agar tidak terlalu verbalis
2.
Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga
3.
Menimbulkan
semangat belajar
4.
Siswa
lebih mandiri untuk belajar
Jenis-jenis media pembelajaran :
1.
Alat
peraga, misal : bangun datar, luas, volume
2.
Media
disply, misal : grafik, poster, dan charta
3.
OHT,
contoh : single transperency dan overlay transparency
4.
Computer
Media grafis adalah media
yang ditulis dan digambar. Ada empat prinsip media grafis, yaitu
simplicity(sederhana), unity(kesatuan), emphasis(penekana), dan
balance(keseimbangan).
Hasil
diskusi kelompok
I. Kedudukan Media Sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Fungsi media pembelajaran :
a.
Menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu
b.
Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
c.
Kesempatan belajar yang lebi merata
d.
Pengajaran lebih berdasarkan ilmu
Manfaat media pembelajaran :
1.
Penyampaiannya akan lebih menarik
perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.
Materinya akan lebih jelas
sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa.
3.
Penyampainnya akan lebih bersifat langsung, mengajak siswa
secara langsung untuk mengalami dan berinteraksi dengan sumber relajar
4.
Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak
hanya mendengarkan guru.
II. Ciri media
dalam pembelajaran :
1)
Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan
kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu
peristiwa atau obyek. suatu peristiwa atau obyek dapat diurut dan disusun
kembali dengan media seperti fotografi, video tape, disket komputer dan film.
Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera dapat dengan
mudah diproduksi kapan saja diperlukan.
2)
Ciri Manipulatif
Ciri manipulatif yaitu
dimana suatu kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada
siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time lapse recording.
3)
Ciri Distributif
Ciri distributif yaitu
suatu ciri dimana dimungkinkannya suatu objek ditransformasikan melalui ruang,
dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa
dengan stimulus pengalaman yang relatif lama mengenai kejadian ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar