A. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.
IPS :
Perubahan-perubahan alam di lingkungan sekitar Tempat tinggal
2.
IPA :
Perubahan wujud
3.
Matematika : Soal pecahan biasa dan campuran
B. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model :
ceramah, diskusi, penugasan
C. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
· teks bacaan (buku siswa)
· gambar
· Lilin (perubahan wujud)
· Korek api
· semangka (mengenal pecahan)
2. Alat/Bahan
·
Pisau
·
Kertas
3. Sumber Belajar :
·
Buku siswa tema Benda-benda di lingkungan sekitar
·
Sub tema 1 wujud benda dan cirinya
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
3.
Guru menginformasikan tujuan pembelajan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru menyampaikan materi tentang benda-benda di lingkungan, apa saja
yang ada di sekitar rumahnya. Misalnya berapa pohon yang ada di sekitarnya,
selanjutkan dibandingkan dengan jumlah keseluruhan benda-benda dilingkunganya
menjadi pecahan.
2.
Guru memberikan soal tentang berapa jumlah benda-benda yang ada di
sekitar rumah masing-masing siswa. Kemudian siswa menjawabnya.
|
30 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan
menutup pelajaran.
3.
Guru menyampaikan materi pelajaran untuk besuk pagi
|
10
menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar