Senin, 29 September 2014

Sekenario Pembelajaran Tematik Matematika kelas 5

A.    Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.    IPS                        : Perubahan-perubahan alam di lingkungan sekitar Tempat tinggal
2.    IPA                        : Perubahan wujud
3.    Matematika            : Soal pecahan biasa dan campuran

B.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan      : Saintifik 
2. Model               : ceramah, diskusi, penugasan

C.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media            :  
· teks bacaan (buku siswa)
· gambar
· Lilin (perubahan wujud)
· Korek api
· semangka (mengenal pecahan)
2.    Alat/Bahan   
·      Pisau
·      Kertas
3.    Sumber Belajar         : 
·      Buku siswa tema Benda-benda di lingkungan sekitar
·      Sub tema 1 wujud benda dan cirinya
D.                   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.        Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
3.        Guru menginformasikan tujuan pembelajan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini

10  menit
Kegiatan Inti
1.        Guru menyampaikan materi tentang benda-benda di lingkungan, apa saja yang ada di sekitar rumahnya. Misalnya berapa pohon yang ada di sekitarnya, selanjutkan dibandingkan dengan jumlah keseluruhan benda-benda dilingkunganya menjadi pecahan.
2.        Guru memberikan soal tentang berapa jumlah benda-benda yang ada di sekitar rumah masing-masing siswa. Kemudian siswa menjawabnya.
30  Menit
Kegiatan Penutup
1.        Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
  2.  Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan
        menutup pelajaran.
  3.  Guru menyampaikan materi pelajaran untuk besuk pagi 
10 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar