RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester :
V / 1
Tema
: Benda –benda di
Lingkungan sekitar
Sub
Tema : Perubahan wujud Benda
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu :
7 jp x 35
menit
A.
Kompetensi Inti (KI) :
KI.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
|
KI.3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
KI.4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
B.
KOMPETENSI
DASAR & INDIKATOR
No.
|
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
1
|
|
SBDP
|
|
|
|
|
3
|
3.1
|
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar
dalam berbagai permainan dan atau olah raga tradisional bola besar.
|
3.1.1
|
Menyebutkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional
|
|
4
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
|
4.1.1
|
Melakukan berbagai gerakan dalam dalam permainan bola besar (Voli Mini :
servis, passing, dan smash)
|
2
|
|
IPA
|
|
|
|
|
3
|
3.1
|
Mendeskripsikan
rangka manusia dan fungsinya
|
3.1.1
3.1.2
|
Menyebutkan bagian-bagian
rangka manusia
Menjelaskan cara merawat rangka
manusia
|
|
4
|
4.1
|
Membuat
bagan rangka manusia beserta fungsinya
|
4.1.1
|
Membuat bagan rangka manusia dengan menggunakan bahan yang mudah
didapatkan
|
3
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
3
|
3.2
|
Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.2.1
|
Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup
(manusia,hewan,tumbuhan)
|
|
4
|
4.2
|
Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
4.2.1
|
Menyajikan
teks tentang pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup
(manusia,hewan,tumbuhan)
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
|
||
1
Dengan mengamati
beberapa gambar siswa dapat mengindentifikasi kebutuhan masyarakat secara
cermat dan teliti.
|
||
2 Dengan menggali informasi siswa dapat
menjabarkan asper, contoh, dan cara memenuhi kebutuhan manusia secara logis
dan tepat.
|
||
3
Dengan berdiskusi
siswa dapat mengumpulkan data tentang, nama barang, wujud barang dan daerah
tujuan dengan demokratis dan komunikatif.
|
||
4
Dengan menggali
informasi dari bacaan siswa dapat menemukan informasi dan data mengenai
aktivitas manusia yang mempengaruhi alam secara logis, tepat, dan sistematis.
|
||
5 Dengan melakukan
soal – soal latihan, siswa mampu melakukan pembagian dalam pecahan secara
mandiri, cermat, dan teliti
|
||
|
||
D.
Materi
Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.
IPA :
Perubahan wujud Benda
2.
Bahasa Indonesia : Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3.
SBDP :
Properti
Tari
E.
Metode
Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : diskusi dan tanya
jawab
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : gambar rumah dan orang memancing
Alat/Bahan : Kertas dan kayu
Sumber Belajar :Buku
Siswa Kelas V Tema 1 “ Benda-benda disekitar“. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2. Guru
memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan “kerusakan terumbu
karang Akibat Ekploitasi Ikan dengan cara merusak.
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan
dipelajari.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa melakukan kegiatan mengamati
gambar rumah dan orang memancing
2. Siswa melakukan pengamatan
serta mengutarakan.
3. Siswa mengamatihasil kerja
teman -teman.
4. Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan teknik-teknik dalam
penamatan
5. Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu
kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan mengkonfirmasikan setiap
jawaban kelompok.
6. Siswa mengamati
gambar bagian-bagian rumah yang telah
diamati.
7. Siswa menyebutkan bagian-bagian bangunan
rumah.
8. Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi rumah.
9. Siswa berdiskusi tentang cara merawat rumah
supaya tetep indah.
10. Siswa menuliskan jawaban sesuai pertanyaan pada buku
siswa berdasarkan hasil diskusi.
11. Siswa membaca teks tentang “Kerusakan
Terumbu Karang “
12. Siswa mengamati beberapa gambar pekerjan seorang
dimasyarakat.
13. Siswa mengamati berbagai contoh yang digunakan dalam kegiatan
dalam diskusi dalam bacaan.
14. Siswa menyebutkan dan
menuliskan pada portofolio dari hasil kelompok masing msing
|
190
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa membuat kesimpulan tentang cara merawat rumah
supaya selalu indah
2. Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat rumah
yang indah
3.
Siswa membuat
sebuah kesimpulan mengenai manfaat rumah.
4.
Siswa
bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
5.
Siswa
memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik penilaian :
a. Penilaian
sikap : Pengamatan
b. Penialaian pengetahuan :
Tes tertulis
c. Penilaian
keterampilan : Penilaian unjuk kerja
2.
Instrumen :
a. Penilaian
sikap :
Rubrik
Penilaian sikap
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Tanggung
jawab
|
4
|
Sangat bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
|
3
|
Bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
|
||
2
|
Kurang
bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
|
||
1
|
Tidak
bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
|
||
2.
|
Percaya
diri
|
4
|
Sangat
percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru.
|
3
|
Percaya
diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
||
2
|
Kurang
percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
||
1
|
Tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
|
Lembar
Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
sikap
|
Rt
|
deskripsi
|
|||||||||
Tanggung
jawab
|
Percaya
diri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
Rt
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Rt
|
||||
1.
|
Daffa
Danendra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Deffa
Danendra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Isi dan
Pengetahuan
|
4
|
Keseluruhan
jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar dalam mengelompokkan
jawaban
|
3
|
Keseluruhan
jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
||
2
|
Sebagian
besar jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
||
1
|
Hanya sebagian kecil jawaban siswa sesuai dengan gambar yang
diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
|
||
2.
|
Penggunaan Bahasa
|
4
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
|
3
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien penulisan
|
||
2
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien dalam sebagian besar penulisan
|
||
1
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien dalam sebagai kecil penulisan
|
||
3.
|
Keterampilan
Penulisan
|
4
|
Keseluruhan penulisan
dari pengamatan benar, sistematis, dan jelas, dengan hasil sangat baik.
|
3
|
Keseluruhan penulisan
dari pengamatan memiliki hasil baik untuk dua unsur dari ketiga kriteria
(benar, Sistematis, dan jelas).
|
||
2
|
Sebagian besar
penulisan dari pengamatan memiliki hasil cukup karena harus memenuhi 1
kriteria yang ditetapkan
|
||
1
|
Hanya sebagian
penulisan dari pengamatan perlu peningkatan karena belum memenuhi kriteria
yang ditetapkan.
|
Lembar
Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
|||||||||||
Isi dan
Pengetahuan
|
Penggunaan Bahasa
|
Keterampilan Penulisan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
Afif Putra
Hanan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Fatah
Husein
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Choiril
Adnan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Yogyakarta, 2014
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Siyam Mardini, M.Pd Daryanti,
S.Pd.SD
NIP. 19701114
199203 2 004 NIP.
19661205 200701 2 014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SD N Minggiran
Kelas/Semester :
V/ I
Tema
: BENDA-BENDA
DI LINGKUNGAN SEKITAR
Sub
Tema : WUJUD BENDA DAN CIRINYA
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu :
1 X ( 4 X 35 Menit)
A.
Kompetensi Inti KI
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
3
4
1
2
3
2
1
|
3.1
4.1
1.1
2.1
|
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimb angan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan
lingkungan alam
Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam
dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
|
3.1.1
3.1.2
4.1.2
|
Menjelaskan isi informasi dari bacaan
tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
menjelaskan arti
kosakata baku yang terdapat dalam teks bacaan
Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam
dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia
|
3.2
4.1
2.1
1.1
|
MATEMATIKA
Memahami
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan
dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, ser ta melakukan
perkailan dan pembagian
Mengurai
sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan
berbagai kemungkinan jawaban
Menerima
ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
Menerima
ajaran Tuhan yang dianutnya
|
3.2.1
3.2.2
3.2.3
4.1.1
4.1.2
4.1.3
|
mengurutkan pecahan biasa,
campuran, decimal dan persen dengan urutan dari kecil ke besar dan sebaliknya
menyelesaikan soal latihan
mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan persen
menyelesaikan soal latihan
mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal dan persen
mengurutkan pecahan biasa,
campuran, decimal dan persen dengan urutan dari kecil ke besar dan sebaliknya
menyelesaikan soal latihan
mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan persen
menyelesaikan soal latihan
mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal dan persen
|
|
3.1
4.1
1.1
2.1
|
IPS
Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar
ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber sumber yang tersedia
Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika
dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial,
budaya, ekonomi dan politik
|
3.1.1
3.1.2
4.1.1
|
Mengenal aktivitas di
lingkungan rumah, sekolah dan sekitarnya
mengenal
perubahan lingkungan akibat aktivitas sehari- hari
Menyusun laporan secara tertulis
dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan
kehidupan manusia
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan
contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar
dengan cermat dan teliti.
2. Dengan
kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan
alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
3. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–
contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan
teliti.
4. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan
tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
5.
Dengan latihan penyelesaian soal
tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan
campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.
Bahasa Indonesia : Teks bacaan Aneh, Kenapa bisa
begitu?
2.
IPS :
Perubahan-perubahan alam di lingkungan sekitar Tempat tinggal
3.
IPA :
Perubahan wujud
4.
Matematika : Soal pecahan biasa dan campuran
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model :
ceramah, diskusi, penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
· teks bacaan (buku siswa)
· gambar
· Lilin (perubahan wujud)
· Korek api
· semangka (mengenal pecahan)
2. Alat/Bahan
·
Pisau
·
Kertas
3. Sumber Belajar :
·
Buku siswa tema Benda-benda di lingkungan sekitar
·
Sub tema 1 wujud benda dan cirinya
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
3.
Guru melakukan presensi.
4.
Guru menginformasikan tujuan pembelajan
kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
· MENGAMATI
1. Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
2. Siswa
mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan
lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai.
3. Biarkan
siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat .
4. Siswa
menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan pengamatan gambar.
5. Gunakan rubrik
pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
6.
Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata
baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
7.
Setelah membaca dan
memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan
informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan
perubahan wujud benda
8.
Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan
melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk .
9.
Fokus penjelasan pada bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan
campuran.
10.Siswa
diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
11.
Pada kegiatan siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah
bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk
pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
12.
Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep persen.
13.
Fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi
bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk
pecahan biasa.
14.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
15. Pada kegiatan siswa
mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk
pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan
biasa.
16. Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
17. Siswa menyimak bacaan dan
memahami isi bacaan siswa dapat menyebutkan informasi yang ada dalam bacaan
18. Siswa mengidentifikasi
perubahan-perubahan lingkungan yang
dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
19.
Siswa
memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar
20.
Siswa memiliki
keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan
21.
Melalui bacaan, siswa
dapat mengetahui contoh-contoh perubahan wujud benda.
Catatan :
Guru memberikan umpan
balik di sepanjang proses kegiatan ini
Siswa
mengidentifikasi informasi yang bersumber dari sebuah
Bacaan yang
berkaitan dengan wujud benda
Siswa memahami
konsep mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan
mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
Siswa bisa mengubah
bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk
pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa
Kemandirian dalam
mengerjakan tugas.
Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam perubahan wujud dengan teman/ kelompoknya.
|
110 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan
menutup pelajaran.
3.
Guru menyampaikan materi pelajaran untuk besuk pagi
|
15
menit
|
H. PENILAIAN
Teknik penilaian
1.
Teknik penilaian :
a. Penilaian Sikap : Rasa
ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
b. Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis.
c. Penilaian Ketrampilan : Unjuk kerja.
2.
Bentuk Instrumen Penilaian :
a.
Penilaian Sikap.
NO
|
NAMA
|
RASA INGIN
TAHU
|
PERCAYA
DIRI
|
BERTANGGUNG
JAWAB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Pengetahuan.
No NO
|
NAMA
|
Ciri
Lingkungan Bersih
|
Ciri
Lingkungan
Kotor
|
Skor Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rentang Nilai
100- 85 = A
Nilai 85- 75 = B
Nilai 75- 60 = C
Mengetahui Yogyakarta, 2014
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Siyam Mardini, M.Pd Daryanti,
S.Pd.SD
NIP. 19701114 199203 2 004 NIP. 19661205 200701 2 014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar